PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD) berkomitmen mencegah praktik penyuapan dan korupsi di semua lini. Salah satu wujud komitmen KFTD tersebut adalah dengan menerapkan sertifikasi ISO pada semua cabang. Komitmen anti penyuapan makin nyata saat 45 cabang KFTD yang belum tersertifikasi telah meraih sertifikat ISO 9001:2015.

Perlu diketahui, sertifikasi ISO hadir sebagai bentuk validasi pemenuhan persyaratan bisnis terkait standar proses kualitas yang mengacu pada International Standards Organization (ISO). Organisasi non pemerintah ini berperan menentukan spesifikasi produk, layanan, dan sistem yang menjamin mutu dan efisiensi. Masing-masing sertifikasi mempunyai standar dan persyaratan tertentu.

Lantas, mengapa KFTD gencar menerapkan sertifikasi ISO pada semua cabangnya? Berikut beberapa alasan yang melandasi upaya preventif penyuapan.

Memenuhi Persyaratan Industri

Bergerak dalam industri perdagangan dan distribusi, KFTD membutuhkan sistem manajemen mutu yang mencakup berbagai aspek. Mulai dari pengadaan, manajemen inventaris, pengendalian kualitas, rantai pasokan, hingga layanan pelanggan. Hal tersebut penting untuk memastikan perusahaan beroperasi dengan proses manajemen kualitas yang kuat.

Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Pelanggan menjadi bagian krusial dalam perdagangan dan distribusi. Mereka mengharapkan pemasok dan distributor berkomitmen pada kualitas dan keamanan produk. Mengantongi sertifikasi ISO penting dalam membantu mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Bentuk Kepatuhan terhadap Peraturan

Semua distributor obat-obatan dan alat kesehatan bekerja dengan mematuhi peraturan ketat terkait regulasi peredaran serta pemasaran. Sertifikasi ISO hadir sebagai bukti kepatuhan KFTD terhadap standar industri yang berlaku. Selain ISO 9001, KFTD juga menerapkan ISO 37001:2016 untuk menjalankan perusahaan yang bersih, mencegah praktik penyuapan, dan mendukung implementasi Good Corporate Governance (GCG).

Menjamin Efisiensi Proses Internal

Sertifikasi ISO bermanfaat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi proses internal melalui keberadaan Sistem Manajemen Mutu. ISO 9001 menjadi tolak ukur pemeliharaan kualitas yang mendorong efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam memastikan setiap proses maupun prosedur dilakukan sesuai standar yang diakui secara global.

Memberi Keunggulan Kompetitif

Sertifikasi ISO juga penting untuk membedakan perusahaan dari para kompetitor. Dengan memiliki keunggulan kompetitif, KFTD siap bersaing dengan perusahaan nasional maupun internasional lewat komitmen memenuhi standar global.

Seluruh cabang KFTD telah mempunyai panduan mengelola dan menjamin kualitas produk melalui sertifikasi ISO. Inilah wujud komitmen KFTD untuk memperluas jangkauan pelanggan, meningkatkan kepercayaan mitra, sekaligus aktif mencegah tindak penyuapan yang berpotensi terjadi di KFTD. Dengan begitu, KFTD hadir sebagai Pedagang Besar Farmasi (PBF) Nasional yang tepercaya dalam mendistribusikan dan memperdagangkan produk-produknya ke seluruh wilayah Indonesia.